Pendapatan yang tidak memadai, ditambah dengan kesibukan kerja yang semakin padat seringkali membuat banyak karyawan ingin keluar dari pekerjaannya dan memilih untuk membuka usaha sendiri. Tapi tunggu dulu, tidak semua pekerjaan yang sudah Anda lakukan selama bertahun-tahun bisa ditinggalkan begitu saja bukan?

Maka dari itu solusinya adalah dengan menjalani sebuah usaha sampingan yang dapat dikerjakan di sela-sela aktifitas dan kesibukan sebagai pekerja. Lantas, yang harus dipikirkan selanjutnya adalah ide apa yang cocok untuk dijadikan usaha sampingan bagi Anda?

Secara umum beberapa peluang usaha sampingan yang akan dijelaskan nantinya memang sudah banyak digeluti oleh orang banyak. Akan tetapi, yang menjadi keuntungannya adalah bahwa peluang usaha bagi para pemain baru masih sangat besar dan pasarnya yang masih terbilang cukup luas. Apalagi, kebanyakan diantaranya hanya membutuhkan modal yang sedikit, tanpa harus direpotkan dengan proses pencarian pinjaman modal mudah.

Dan tanpa perlu berbasa-basi lagi, inilah usaha sampingan dengan modal sedikit yang bisa dilakukan untuk para karyawan kantoran demi mendapatkan penghasilan tambahan. Yaitu:

1. Berjualan sarapan pagi

Siapa yang sangka bahwa hanya dengan berjualan sarapan pagi mampu memberikan tambahan pendapatan cukup besar bagi Anda. bahkan, modal untuk peluang usaha yang satu ini pun tidak cukup banyak, tanpa harus mendatangi bank ataupun pegadaian untuk mendapatkan pinjaman modal mudah.

Usaha sampingan berjualan sarapan pagi sangat cocok dengan kebiasaan para pekerja yang bangun pagi dan tak sempat untuk membuat sarapannya sendiri. Menu yang bisa Anda tawarkan pun bisa berbagai macam, di antaranya seperti nasi uduk, lontong sayur, bubur ayam, gorengan dan lain sebagainya.

Jika berbicara mengenai teknis, maka berjualan sarapan pagi tidaklah sulit. Anda bahkan bisa melakukannya di halaman depan rumah Anda. Namun, jika Anda memang berniat untuk mengembangkan usaha ini, maka carilah lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus, ataupun komplek perkantoran. Sementara itu, jumlah biaya yang diperlukan untuk modal sekitar Rp 4 juta per bulan, dengan asumsi bahwa 80% dari modal tersebut semuanya di alokasikan ke bahan baku.

2. Menjadi agen pulsa elektrik

Menjadi agen pulsa elektrik berbeda dengan mendirikan sebuah counter pulsa fisik, karena jika Anda memilih menjadi agen pulsa, Anda tak harus memiliki sebuah toko atau ruko, cukup bermodalkan smartphone yang Anda miliki, maka peluang usaha ini sudah bisa dijalani. Tidak merepotkan bukan?

Jika Anda berminat untuk menjadi agen pulsa elektrik seperti ini, maka modal awal yang bisa Anda gunakan adalah sekitar 1-3 juta rupiah. Cukup murah tentunya, tanpa harus mencari pinjaman modal mudah, atau menghabiskan gaji Anda sebagai karyawan.  Sementara untuk konsumennya, maka Anda bisa mulai menawarkannya dari orang-orang terdekat terlebih dahulu. Seperti teman sekantor, tetangga, saudara atau kerabat Anda.

3. Menjadi Agen properti

Jika pekerjaan Anda di kantor adalah sebagai seorang sales, maka usaha sampingan ini seharusnya menjadi mudah untuk Anda kerjakan. Cobalah untuk bekerja sama dengan pihak-pihak pemasaran sebuah properti, kemudian ikuti dan pelajari bagaimana cara mereka bekerja. Hal ini cukup penting, mengingat Anda nantinya bisa memahami berapa keuntungan serta bonus yang bisa Anda dapatkan seandainya Anda berhasil menjual beberapa unit properti tersebut.

Salah satu yang menjadi keuntungan dari menjadi seorang agen property adalah dalam hal modal. Jangkan berfikir untuk mencari pinjaman modal mudah untuk peluang usaha yang satu ini, faktanya Anda bisa memulainya dengan modal nol atau tanpa modal sekalipun. Yang menjadi senjata utama Anda adalah relasi, kartu nama orang-orang serta bagaimana Anda dalam bertutur kata.  

4. Menjadi pedagang musiman

Jika Anda adalah seorang karyawan kantoran yang sibuk namun memiliki jiwa bisnis yang kuat dan ingin menyalurkannya, maka jawabannya adalah menjadi seorang pedagang musiman. Jika sudah akhir pekan, maka bersiaplah untuk berjualan di pasar dadakan, pasar kaget, car free day atau acara lainnya yang ada di sekitar tempat kamu tinggal.

Modalnya, cukup memiliki sebuah kendaraan khususnya mobil, maka Anda bisa menjajakan dagangan Anda tersebut hanya dari kendaraan Anda, seperti menjajakan makanan, baju, hingga pernak pernik. Bagaimana, Anda tertarik?

5. Usaha online shop

Last but not least, ada usaha online shop yang semakin hari semakin digandrungi oleh masyarkat Indonesia untuk dijadikan bisnis sampingan, maupun bisnis utama mereka. Ada banyak sekali ide bisnis dari usaha online shop ini, mulai dari menjual sebuah produk hingga menawarkan jasa, semuanya bisa Anda temukan di internet.

Sementara untuk usaha sampingan, maka Anda memiliki dua pilihan. Yang pertama adalah usaha online shop yang mengeluarkan modal untuk peluang usaha tersebut. Yakni dengan menjual sebuah produk. Lewat pilihan ini, Anda juga bisa meraih keuntungan besar, yang bahkan lebih besar dari gaji Anda sebagai karyawan.

Untuk pilihan yang kedua adalah usaha online shop yang tanpa mengeluarkan modal, diantaranya seperti menjadi reseller atau dropshipper dari sebuah produk orang lain. Yang kamu butuhkan disini hanyalah manajemen waktu yang tepat untuk mengatur usaha ini di sela-sela kesibukan Anda bekerja sebagai karyawan.

Pada intinya, masih ada lebih banyak usaha atau bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan, asalkan Anda dapat berfikir lebih kreatif dan lebih inovatif dalam mencari ide dan peluang usaha. Dan yang terpenting, yang harus diperhatikan adalah bahwa usaha sampingan ini harus sesuai dengan keuangan atau budget yang Anda miliki, serta manajemen waktu yang baik.

 

Untuk mendapatkan tips dan trik lebih banyak tentang usaha sampingan seperti ini, maka Anda bisa langsung bergabung dengan YellowPages lewat websitenya di YellowPages dan temukan juga berbagai macam solusi untuk kebutuhan bisnis Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *