Adanya kebijakan work from home atau di rumah aja, membuat sebagian orang memilih untuk menyiapkan kebutuhan selama berada di rumah agar tidak perlu keluar rumah. Namun tak sedikit orang yang mengalami panic buying sehingga berlebihan dalam belanja kebutuhan rumah tangga. Padahal menimbun stok hanya akan membuat rugi banyak pihak, termasuk diri sendiri. Nah, YellowPages punya tips agar YPager belanja dengan bijak. Yuk disimak.

Buatlah daftar barang yang harus dibeli.

Sesuaikan daftar kebutuhan belanja dengan waktu yang akan YPagers habiskan di rumah. Jika kebijakan kantormu adalah dua minggu, maka buatlah daftar belanja untuk dua minggu ke depan. Tujuan membuat daftar belanja adalah agar YPagers tidak kalap dan mengambil barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Selain itu, dengan adanya daftar belanja akan mempersingkat waktu berbelanja. Kan sudah jelas barang apa saja yang harus dibeli.

Utamakan membeli kebutuhan pokok.

Ini hal yang amat sangat perlu ditekankan. Ketika harus di rumah aja memang paling enak bekerja sambil memakan camilan kesukaan. Tapiiiii… biasakan untuk dahulukan membeli kebutuhan pokok seperti beras, gula, telur, dan yang barang lain yang benar-benar YPagers butuhkan. Ingat, sesuaikan dengan waktu WFH dan jangan beli berlebihan.

Belanja sesuai jumlah orang di rumah.

Hal ini tak kalah penting! Untuk menghindari panic buying, YPagers harus berbelanja dengan menyesuaikan jumlah anggota keluarga yang tinggal di rumah. Jangan sampai timbunan belanjaanmu malah menjadi mubazir karena tidak kemakan ya.

Beli bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis sajian.

Cara ini juga menjadi salah satu tips jitu agar pengeluaran belanja tidak membengkak. YPagers bisa membeli bahan makanan seperti jagung, kentang, ayam, atau daging sapi yang nantinya bisa diolah menjadi berbagai macam masakan.

Membeli makanan beku? Kenapa tidak?!

Taka da salahnya untuk sementara waktu memilih makanan beku. Makanan beku akan lebih awet dibandingan makanan biasa. Meskipun kurang segar, tapi tak masalah kan untuk sementara waktu. Jangan lupa cek tanggal kadaluarsanya ya. Atau jika ingin membuat sediri juga bisa kok, rebus sebentar sayuran yang akan dijadikan frozen food, kemudian masukan dalam wadah dan bekukan di dalam freezer.

Belilah bahan makanan sederhana yang tak butuh banyak bahan untuk mengolahnya.

Selain terhindar dari kata konsumtif, dengan memilih bahan makanan sederhana YPagers bisa belanja dengan hemat  dan bisa berbagi stok dengan orang lain. Misalnya dengan membeli mie insttan dan telur, YPagers bisa membuat omelette mie.

Dari pembahasan di atas, tidak sulit kan untuk mterhindar dari panic buying. Ingatlah untuk tidak egois dengan belanja begitu banyak, pikirkan bagaimana bila orang lain yang tidak seberuntung dirimu bisa belanja stok dengan jumlah yang banyak. Semoga tips kali ini bermanfaat dan sehat selalu ya, YPagers.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *