Selama pandemi covid-19, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya mencuci tangan. Untuk terhindar dari virus ini, kita harus membiasakan diri untuk tidak menyentuh area wajah sebelum mencuci tangan. Tak bolah hanya sekedarnya, kita harus mencuci tangan dengan gerakan yang benar dan dengan waktu minimal 20 detik. Namun, bagi sebagian orang rutinitas ini membuat kulit di area tangannya menjadi kering. Kali ini YellowPages akan berbagi tips bagaimana cara mengatasi kulit kering di area tangan.

Pilih sabun yang melembabkan kulit.

Sabun cuci tangan banyak jenisnya, jangan hanya memilih hanya karena aromanya yang segar, tapi pilihlah yang dapat melembabkan tangan. Jika memungkinkan, pilihlah sabun cair ketimbang sabun batangan. Karena sabun batang cenderung memiliki keasaman yang tinggi yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Bersihkan tangan dengan perlahan.

Mencuci tangan yang efektif membunuh kuman adalah cuci tangan dengan durasi minimal 20 detik. Gunakan waktu tersebut untuk membersihkan hingga ke sela-sela jari dan kuku. Tak perlu terburu-buru! Karena jika terburu-buru ada kemungkinan saat membilas tidak bersih, sabun yang tertinggal dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Keringkan tangan setelah dicuci.

Biasakan untuk selalu mngeringkan tangan setelah mencucinya. Gunakan handuk kecil khusus atau bias juga dengan tisu. Agar tidak boros, gunakan cukup satu lembar tisu ya. Perlu diketahui bahwa dengan mengeringkan tangan bisa menurunkan risiko perpindahan kuman dan menurunkan resiko kulit kering di area tangan.

Gunakan krim pelembab.

Krim pelembab dapat digunakan baik untuk mencegah kulit kering maupun untuk mengatasi kulit tangan yang terlanjur kering karena seringnya aktivitas mencuci tangan. Oleskan krim pelembab setiap selesai memcuci tangan, tapi pastikan tangan sudah dikeringkan terlebih dahulu ya.

Gunakan sarung tangan.

Agar pemakaiann krim pelembab menjadi lebih efektif, gunakanlah sarung tangan selama satu hingga dua jam setelah pengolesan. Tak perlu menggunakan sarung tangan latex, sarung tangan berbahan kain pun dapat digunakan. Bila perlu gunakan sarng tangan ketika tidur di malam hari.

Mencuci tangan untuk menjaga kesehatan memang sangat penting. Tapi menjaga kelembaban kulit juga sama pentingnya. Jadi jangan abaikan jika tangan mulai terasa tak nyaman atau kering karena mencuci tangan ya. Semoga tips kali ini bermanfaat ya. Stay safe, stay healthy!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *