YPagers, sampai hari ini (4 Maret 2020) masih ramai berita tentang virus corona (covid-19) yang sudah masuk ke Indonesia. Banyak orang berbondong-bondong memborong masker, hand sanitizer, hingga bahan makanan yang dikarenakan kepanikan berita tersebut. Padahal, yang perlu dilakukan untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh adalah dengan menjaga kesehatan, sehingga sistem imun tetap kuat dan tubuh tidak mudah terkena virus.

Adanya kepanikan masyarakat membuat sejumlah kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan menjadi langka, khususnya masker. YPagers tahu tidak bahwa ternyata orang sehat tidak perlu menggunakan masker. Karena masker pun tidak bisa mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Masker seharusnya digunakan oleh orang sakit dan orang-orang medis agar tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain. Nah! Kalau YPagers saat ini sedang batuk maupun pilek, pahami etika berikut supaya tidak menulari orang-orang sekitar ya.

  1. Wajib pakai masker ketika bepergian saat sedang sakit flu, batuk, atau pilek. Gunakan masker yang memiliki pelindung khusus dan buang setelah dipakai. Agar tidak disalahgunakan, sobek lah bagian masker yang sudah dipakai. Misalnya dengan memutus tali masker.
  2. Kehabisan masker? YPager bisa pakai tisu untuk menutupi mulut dan hidung ketika batuk maupun bersin. Sehingga bakteri ataupun virus penyebab penyakit tidak menyebar ke orang sekitar.
  3. Buang langsung tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah. Karena tisu bekas batuk ataupun bersin pasti mengandung bakteri maupun virus yang jika tidak dibuang langsung bisa menjadi media penularan penyakit
  4. Masker langka, tisu nggak punya? Tetap harus tutupi mulut dan hidung saat batk maupun bersin. Kamu bisa gunakan siku bagian dalam. Kenapa harus siku bagian dalam? Karena jika menggunakan telapak tangan, akan mudah menyebarkan bakteri ataupun virus penyakit ketika tanganmu menyentuh orang maupun benda di sekitarmu.
  5. Jaga jarak dengan orang lain ketika berada di keramaian, jika memungkinkan buatlah jarak sekitar satu meter. Hal ini bertujuan untuk menghindari percikan liur ketika YPagers maupun orang lain batuk atau bersin.
  6. Untuk meminimalisir penularan, cuci tangan dengan sabun selama krang lebih dua puluh detik setelah batuk atau bersin. Usahakan air yang digunakan adalah air yang mengalir kemudian keringkan setelahnya.
  7. Kalau tidak ada sabun, gunakan hand sanitizer atau tisu basah yang mengandung alkohol maupun antiseptik. Namun sebaiknya, basuh dulu tanganmu dengan air mengalir sebelum menggunakan hand sanitizer ya.

Nah, YPagers! Meskipun terkesan sepele, hal tesebut wajib dilakukan sebagai salah satu tindakan untuk mencegah penularan penyakit yang efektif. Demi kebaikan dan kesehatan bersama, tidak ada salahnya untuk menjalankan ketujuh etika tadi kan? Yuk hidup sehat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *