Memfokuskan strategi pemasaran secara online kepada orang yang sering berkunjung (repeat visitor) dari web web atau toko online yang YPagers miliki adalah satu cara untuk meningkatkan penjualan online dengan cara yang membutuhkan lebih sedikit waktu, usaha, dan uang. Hal yang perlu diingat adalah returning visitor berbeda dengan repeat visitor. Returning visitor adalah orang yang berkunjung ke toko setelah sebelumnya pernah setidaknya sekali berbelanja, sedangkan repeat visitor adalah orang yang sudah berbelanja lebih dari satu kali.

Mengapa repeat visitor yang harus diutamakan menjadi fokus YPagers? Karena mereka lebih mungkin berbelanja dibanding pengunjung yang baru pertama kali mendatangi toko, sehingga bisa meningkatkan pendapatan. Mengutip Verisign, berikut ini lima hal yang perlu YPagers lakukan untuk mendapatkan repeat visitor ke web web atau toko online.

Perbarui website dengan konten segar

Memperbarui konten web secara rutin akan memberikan sesuatu yang baru bagi pengunjung. Pertimbangkan untuk menyediakan laman “Kabar terbaru?” atau “Tips hari ini”, sehingga web menyajikan info terkini dari perusahaan. Jangan lupa memperbarui grafis web secara berkala agar menyegarkannya secara keseluruhan.

Tawarkan nilai atau diskon tambahan

Pelanggan pada umumnya akan senang bila mendapatkan sesuatu yang eksklusif, yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Dengan begitu mereka merasa spesial dan dihargai. Berikan diskon dan sampel gratis, atau buatlah program loyalty yang memberikan penawaran hadiah.

Bersosialisasi dan undang mereka kembali

Bangun dan kembangkan jangkauan media sosial melalu tombol berbagi (share) yang memperkenankan pengunjung web untuk bergabung menjadi member atau mengikuti akun media sosial bisnis YPagers. Semakin banyak like, shares, dan tweet yang dimiliki, brand awareness akan makin terbangun. Saat konsumen semakin mengenali suatu brand, kemungkinan ia menjadi repeat visitor akan makin besar.

Tetap berhubungan

Tetap berhubungan dan menjaga kontak dengan pengunjung web, menciptakan rasa memiliki terhadap brand dan rasa aman terhadap web. Tawarkan mereka pilihan buletin bulanan gratis tentang produk. Ketika alamat email mereka sudah terkumpul, kirimkan penawaran spesial atau harga promo untuk menarik mereka kembali ke web. Pertimbangkan untuk menambahkan RSS feed juga.

Berikan kepercayaan dan keyakinan

Pada akhirnya dua hal inilah yang diinginkan pengunjung baru dan pelanggan. Hal ini bisa dilakukan melalui pemberian layanan berkualitas tinggi secara konsisten, memenuhi komitmen pengiriman, dan menyelesaikan masalah secara cepat.

Sekali pengunjung baru kembali mengunjugi web kamu, makin besar kemungkinan mereka untuk berbelanja dan berinteraksi lebih jauh. Oleh karena itu, penting untuk memasarkan secara langsung kepada return visitor dan repeat visitor karena sangat mungkin pendapatan dari web, sebagian besar akan berasal dari mereka.

Sumber: liputan6.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *