Jika dihitung, maka para pebisnis atau pengusaha sukses yang ada di Indonesia terbilang cukup banyak, dengan latar belakang yang berbeda-beda. Mereka semua sukses membangun sebuah peluang usaha hingga menjadi raksasa di bidangnya. Namun yang menjadi unik adalah tidak semua dari mereka mengenyam pendidikan yang tinggi. Bahkan di antara mereka ada yang hanya tamatan sekolah dasar.

Meskipun hanya berlatar belakang tamatan sekolah dasar, mereka tetap berhasil menuai kesuksesan berkat kegigihan, daya juang, serta sikap pantang menyerah yang mereka miliki. Dengan ditambah sedikit keberuntungan, maka hingga kini roda bisnis mereka masih terus berjalan, bahkan menjadi salah satu penggerak perekonomian Indonesia.

Untuk itu, kali ini YellowPages akan mengulas tentang 3 pengusaha super sukses di Indonesia yang hanya lulusan SD beserta dengan rahasia kesuksesan mereka. Penasaran? Simak selengkapnya berikut ini.

Basrizal Koto

Pria yang berasal dari Pariaman, Sumatera Barat ini sukses membentangkan kejayaan bisnisnya di sepanjang Indoesia. Bahkan dia adalah satu diantara pebisnis yang turut menggerakkan roda perekonomian Indonesia, khususnya di sektor industri batu bara.

Kesuksesan yang dimilikinya sekarang ini tidak datang dengan begitu saja. Di masa kecilnya, Basrizal Koto hanyalah anak seorang petani biasa dan hidup dalam serba kekurangan. Basrizal pun seringkali makan hanya satu kali sehari.  

Sementara untuk urusan pendidikan, Basrizal hanya mampu mengenyam hingga kelas 5 SD saja. Dengan demikian, di usianya yang terbilang remaja ia pun memutuskan untuk pergi merantau menuju Riau. Semasa di rantau orang, peluang usaha yang pertama kali ia garap adalah berjualan pete dengan hanya bermodal kepercayaan dari sang pemilik dagangan. Kepercayaan tersebut pun akhirnya ia pegang sehingga mampu mendulang kesuksesan untuk usaha pertamanya ini.

Usaha Basrizal kala itu juga terbilang naik turun, sehingga ia pun sempat merasakan menjadi seorang kenek angkot, supir, tukang jahit dan lain sebagainya. Hingga akhirnya di tahun 2006, Basrizal menemukan sebuah titik terang, yakni kesempatan untuk memulai peluang usaha di bidang batu bara.

Dengan mengandalkan pengalaman dagangnya di beberapa tahun sebelumnya, maka hal tersebut pun diterapkannya di bisnis batu bara nya ini. Di bisnis inilah akhirnya Basrizal menemukan kesuksesannya, sekaligus menjadi langkah barunya untuk mengembangkan peluang usaha lainnya seperti perhotelan, property, percetakan, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.

Hingga saat ini, Basrizal masih terus berupaya untuk memperluas jaringan usahanya tersebut hingga menuju berbagai daerah-daerah di Indonesia. Ketika ditanya mengenai kunci kesuksesannya, Basrizal mengaku bahwa ia selalu berpegang pada prinsip komunikasi, komitmen dan pemanfaatan peluang yang didapatnya dari sang ibu. Dengan ketiga prinsip itu, hingga kini Basrizal berhasi menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Lanny Siswadi

Bicara mengenai pengusaha sukses, ternyata tidak hanya milik pria saja. Terbukti, Lanny Siswadi adalah satu dari beberapa wanita yang berhasil meraih kesuksesan bisnis di bidang kuliner. Lanny lahir di Madiun, Jawa Timur pada tahun 1958 yang lalu. Perjuangan hidupnya pun mulai dimulai ketika keluarganya memutuskan untuk pindah dari Madiun menuju Surabaya.

Perpindahan keluarganya tersebut membuat Lanny terpaksa harus menghentikan pendidikannya di kelas 4 SD. Kehidupan yang sulit terus dialaminya hingga akhirnya ia tumbuh dewasa dan menikah dengan Rudy Siswadi.

Awal mula Lanny tertarik dengan bisnis adalah pada saat dirinya memikirkan sebuah hal yang kreatif. Di mana pada waktu itu juga, ia sedang mengulek sambal. Tanpa pikir panjang, langsung saja Lanny mengungkapkan idenya tersebut kepada sang suami, bahwa ia ingin membangun sebuah peluang usaha kuliner yang berfokus pada kelezatan sambalnya. Selanjutnya, terciptalah sebuah bisnis kuliner yang telah menjadi legenda di kota Surabaya, yakni “Sambal bu Rudy”.

Dengan berbisnis kuliner, Lanny mampu menghasilkan omzet sekitar ratusan juta setiap bulannya. Jadi, bila membahas bisnis kuliner di Indonesia yang terbaik? Maka sambal bu Rudy ini adalah salah satunya.

Lanny pun lantas mengatakan bahwa kunci utama dari kesuksesannya tersebut adalah inovasi serta strategi pemasaran yang matang. Meskipun dengan pengetahuan seadanya, tapi Lanny sukses menciptakan srategi pemasaran yang efektif bahkan mampu bertahan hingga di zaman modern seperti sekarang ini.

Eka Tjipta Widjaja

Siapa yang pernah menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia? Jawabannya tentu saja Eka Tjipta Widjaja yang sukses dengan bisnisnya yang sangat menggurita di Indonesia. Berasal dari keluarga imigran yang masuk ke Indonesia pada tahun 1932, dirinya pun lantas harus berjuang hidup di negeri asing.

Di masa-masa sulitnya dulu menjadi imigran, Eka tidak pernah memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan menuju jenjang SMP karena harus ikut membantu orang tuanya bekerja. Perjuangannya menekuni dunia bisnis berawal dari usia remaja dengan memanfaatkan peluang usaha berjualan gula dan biskuit yang didapatnya dari pembelian secara grosir.

Perjalanan bisnis Eka mengalami pasang surut kala itu. Namun hal tersebut justru semakin memotivasi dirinya untuk tumbuh menjadi orang yang lebih sukses lagi. Di tahun 1972, Eka memutuskan untuk bertarung di dunia bisnis property serta kimia. Dari sinilah awal mula tercipta bisnis raksasa nya, yaitu pabrik kertas Sinar Mas.

Seiring perjalanannya Eka terus melakukan ekspansi bisnisnya ke berbagai sektor yang menggurita di sepanjang nusantara saat ini. Alhasil, kini nama bisnis Sinar Mas telah menjadi cukup popular di Indonesia dengan keuntungan yang luar biasa setiap bulannya.

Sukses yang didapati oleh Eka  Tjipta Widjaja tak lepas dari keuletan dan kegigihan. Semua kegigihannya tersebut berawal dari sebuah kata mutiara yang selalu dijadikannya pedoman. “Apapun kesulitan yang dihadapi, asal memiliki sebuah keinginan untuk berjuang, maka semua bisa diatasi.”

Itulah tadi tiga nama para pengusaha sukses di Indonesia yang bahkan tidak lulus Sekolah Dasar, namun bisa membangun sebuah bisnis yang besar dan sukses. Satu hal yang menjadi persamaan dari ketiganya adalah memiliki kerja keras, komitmen tinggi, serta jeli dalam menangkap setiap peluang usaha yang ada.

 

Lantas, bagaimana dengan Anda? Berminat seperti mereka? Yuk, bergabung dengan YellowPages lewat website YellowPages  dan temukan banyak kunci kesuksesan dari bisnis yang Anda geluti, serta berbagai solusi dari setiap permasalahan bisnis sekarang juga!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *