YPagers, selama menjalankan ibadah puasa saat work from home (WFH) tubuh harus selalu dalam keadaan sehat dan bugar. Jangan sampai kesibukan WFH menjadi kendala untuk menjalankan ibadah selama bulan suci Ramadhan. YellowPages punya tips singkat agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Yuk kita simak bersama.

Makanlah dengan porsi normal

Berpuasa selama lebih dari 12 jam tak jarang membuat kita ingin menyantap berbagai hidangan saat berbuka, baik makanan ringan maupun makanan berat. Padahal faktanya ketika berbuka, kita harus mengontrol makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh. Karena jika kita makan atau minum berlebih malah akan mengakibatkan perut terasa penuh bahkan bisa menyebabkan sakit perut lho! Jadi baik saat sahur maupun berbuka makanlah dengan porsi normal ya.

Suka makanan manis? Tetap harus dibatasi ya!

Kolak, sirup, sop buah, dan berbagai dessert atau camilan lain yang rasanya manis memang selalu menggiurkan saat berbuka puasa.  Tapi sebaiknya harus bisa membatasi diri dari makan makanan manis. Karena ketika berpuasa, ada kemungkinan gula darah naik menjadi lebih tinggi dari kondisi sebelum berpuasa. Jika mengonsumsi makanan manis tidak terkontrol pasti akan berdampak buruk kan untuk kesehatan? Saat sahur pun sama, batasi makanan dan minumn manis. Makan maupun minuman manis hanya akan memberikan energy untuk waktu yang singkat. Selebihnya kita akan merasa lemas, pusing, bahkan ngantuk. Jika sudah begitu suasana hati akan buruk dan bisa jadi cepat marah lho!

Perbanyak buah dan sayur

Dibandingkan makan gorengan atau junk food akan lebih sehat jika kita memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki kandungan serat yang dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dengan kalori yang lebih sedikit. Selain itu, terdapat kandungan vitamin dan mineral yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh sehingga akan lebih sehat. Tapi sebaiknya hindari buah-buahan yang memiliki tingkat keasaman tinggi agar perut tidak kaget ya.

PENTING! Perbanyak minum air putih

YPagers pasti merasa bahwa cuaca sekarang lagi panas-panasnya ya? Itu jadi tantangan terbesar kita saat puasa Ramadhan karena harus menahan rasa haus ditengah panasnya cuaca. Jika salah penanganan bisa bikin kulit kering, dehidrasi, atau bahkan gagal ginjal lho! Untuk itu kita wajib memperbanyak minum air putih. Bisa gunakan rumus 2-2-4 biar lebih gampang mengingat ya. Dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan empat gelas saat malam hari menjelang tidur.

Lakukan olahraga ringan

WFH dan berpuasa jangan dijadikan alasan untuk tidak berolahraga ya. Ada beberapa Janis olahraga ringan yang bisa YPagers lakukan selama WFH saat berpuasa. Mulai dari yoga, bersepeda, atau renang. Agar tidak lemas, berolahraga lah di waktu yang tepat, yaitu sekitar 30 sampai 90 menit sebelum berbuka.

Konsumsi vitamin

Saat masa pandemi seperti sekarang ini akan lebih baik jika kita rutin mengonsumsi vitamin untuk bantu jaga daya tahan tubuh. Karena selama berpuasa nutrisi yang didapatkan tubuh tak seperti saat kita tidak berpuasa. Pastikan tubuhmu mendapatkan nutrisi yang diperlukan dengan tambahan vitamin ya.

Cukupkan waktu tidur

Last but not least, atur jam tidurmu sebaik mungkin agar cukup beristirahat. Hal ini penting karena dengan tercukupinya waktu tidur akan berpengaruh pada kelancaran ibadah maupun kegiatan WFH kita lho! Selain itu waktu tidur yang cukup membuat kita tidak gampang sakit, menurunkan tingkat stress, dan membuat konsentrasi lebih tinggi.

Nah, YPagers tidak sulit kan menjaga kesehatan selama WFH di bulan suci Ramadhan. Yuk terpakan ketujuh tips singkat tadi. Semoga ibadah kita dilancarkan dan tubuh tetap sehat ya. Stay safe, stay helaty everyone!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *