YPagers, berita tentang mewabahnya virus corona membuat banyak orang waspada akan pentingnya menjaga kesehatan. Mulai dari memakai masker jika keluar rumah, berolahraga, hingga menjaga makanan yang dikonsumsi. Bukan hanya virus corona saja, tapi virus-virus lain yang menjadi penyebab penyakit juga harus diwaspadai. Nah! YPagers tahu tidak? Ternyata ada beberapa makanan yang jika rutin dikonsumsi bisa membuat tubuh kita tidak mudah terjangkit virus. Yuk disimak infonya!

1. Paprika

Jika YPagers masih berpikir bahwa vitamin C terbanyak bisa didapatkan dari jeruk, ternyata itu salah. Paprika justru memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jeruk. Tak hanya vitamin C, beta karoten yang dapat meningkatkan sistem imun juga bisa didapatkan dari paprika. Pilihlah paprika merah karena rasanya lebih manis dan kandungan vitaminnya lebih banyak dibandingkan paprika hijau atau kuning.

2. Bayam

Tahu tidak, ternyata sayur bayam mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari vitamin C, beta karoten, hingga antioksidan. Nutrisi yang terkandung pada bayam dapat digunakan untuk melawan bakteri buruk yang mengganggu sistem kekebalan tubuh. Masak bayam tidak perlu memakan waktu yang lama. Jka terlalu lama, nutrisinya bisa hilang lho!

3. Yogurt

Selain rasanya yang enak, yogurt juga mengandung banyak nutrisi baik. Seperti vitamin D, vitamin B12, dan riboflavin. Riboflavin adalah vitamin B2 yang dibutuhkan tubuh untuk membantu proses penguraian karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi. Selin itu, yogurt juga memiliki bakteri baik yang bisa mengurangi gejala sakit lho! Pilih yogurt yang rendah lemak ya.

4. Kunyit

Meskipun rasanya getir, tapi kunyit memiliki manfaat yang baik jika dikonsumsi. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dapat digunakan sebagai antiinflamasi. Menurut sebuah riset, kunyit juga dapat mengurangi kerusakan otot karena olahraga. Tak perlu bingung bagaimana cara konsusmsi kunyit. Kunyit dapat digunakan untuk bumbu masak atau diolah menjadi jamu.

5. Brokoli

Sayur hijau nan cantik ini ternyata memiliki gizi yang cukup banyak lho! Mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga sulforaphane yang berfungsi sebagai antioksidan. Sulforaphane adalah unsur kimia yang menurut riset makanan IRF di Inggris, dipercaya bisa menahan efek berkelanjutan dari kanker.

6. Ubi Jalar

Makanan sehat satu ini mengandung vitamin A dan beta karoten yang cukup tinggi untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Ubi dikatakan makanan yang sehat karena hanya memiliki sedikit lemak dan tingkat kolesterol yang rendah.

7. Kerang

Zink, vitamin, dan mineral tinggi yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh ternyata ada pada beberapa varietas kerang lho! Di antaranya kepiting, lobster, dan remis. Namun YPagers perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi kerang, karena adanya kandungan merkuri yang tidak baik untuk tubuh.

YPagers pasti mau kan memiliki tubuh dengan sistem imun yang baik agar tidak mdah terkena virus penyebab penyakit? Yuk rutin makan makanan sehat dan jaga pola hidup sehat!

Sumber: https://www.hipwee.com/tips/makanan-untuk-kekebalan-tubuh/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *