Di tengah pandemi covid-19 ini berbagai cara dilakukan setiap masyarakat untuk menjaga kesehatannya. Mulai dari diam di rumah, menjaga jarak dengan orang lain jika harus keluar rumah, dan mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat menjaga sistem imun. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa covid-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Untuk itu, kita harus bisa menjaga kesehatan paru-paru. Selan menjauhi rokok, makan lah makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan paru. Makanan apa saja itu? Yuk kita bahas.

Sayuran hijau

Bukan rahasia bahwa sayuran hijau mengandung banyak nutrisi yang amat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari serat, antioksidan, mineral, hingga berbagai macam vitamin yang membantu menjaga kesehatan paru-paru. Sayuran hijau yang dimaksud di antaranya brokoli, bayam, dan kangkung.

Teh hijau

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa antioksidan dan polifenol yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu menekan tumbuhnya sel kanker pada paru-paru. Mengkonsumsi teh hijau secara rutin juga dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit paru obstruktif kronis. Manfaat yang paling terasa jika kita rutin meminum teh hijau adalah dapat menenangkan. Cobain deh!

Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kandungan dalam bawang putih juga dapat melindungi paru-paru dari stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Sebaiknya konsumsi bawang putih tunggal untuk khasiat yang lebih baik agar dapat membantu kurangi risiko kanker paru-paru.

Buah apel

Apel diketahui memiliki kandungan yang kaya akan phytochemical, yang dapat mengurangi peradangan dan stress oksidatif. Hal tersebut akan membantu meningkatkan fungsi paru-paru di dalam tubuh. Yuk rutin konsumsi satu buah apel setiap hari.

Ikan salmon

Ikan laut yang satu ini merupakan sumber asam lemak omega-3 anti-inflamasi yang dapat bantu jaga kesehatan paru-paru. Salmon juga menjadi sumber selenium, yaitu mineral yang bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh kita. Mengonsumsi salmon dapat membantu menurunkan risiko radang sendi, menjaga sistem kekebalan tubuh dan tiroid, serta membantu menjaga jaringan tubuh dengan mencegah kerusakan pada sel-sel dalam tubuh.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *