Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Tidur dengan waktu yang cukup, baik untuk kesehatan dan kecantikan. Sebaliknya, waktu tidur yang kurang akan berdampak buruk bagi tubuh. Mulai dari kesehatan hingga kemampuan diri YPagers. Tak hanya itu, kurang tidur atau tidur larut malam dapat membuat prestasi juga menurun. Mari kita bahas 10 pengaruh buruk tidur terlalu malam.

1. Daya tahan tubuh menurun

YPagers, tahu tidak? Waktu tidur yang kurang dapat menyebabkan saraf-saraf dan pembuluh darah menuju otak terganggu. Sehingga asupan oksigen dalam aliran darah pun berkurang. Nah, hal ini lah yang dapat memicu menurunnya daya tahan tubuh.

2. Memicu datangnya stress

Salah satu pemicu stres adalah otot kepala yang tegang dan kaku yang menyebabkan saraf-saraf bagian kepala menjadi tertekan dan tidak nyaman. Hal tersebut dapat terjadi jika kita tidur terlalu malam.

3. Daya ingat menurun

Gangguan pada jaringan otak dapat terjadi karena kebiaasan tidur terlalu malam. Tidur terlalu malam membuat waktu tidur berkurang, sehingga memaksa otak bekerja keras dan kelelahan. Kelelahan pada otak dapat menimbulkan penurunan daya ingat. Menurunnya daya ingat menyebabkan seseorang sulit untuk menganalisa maupun menyerap informasi, sehingga akan mudah lupa.

4. Terserang anemia

Kurang tidur menyebabkan sel darah merah dalam tubuh berkurang, sehingga dapat memicu terserang anemia. Jika seseorang terus menerus tidur terlalu malam, bisa jadi orang tersebut akan mengalami anemia kronis. Tubuh yang kekurangan darah dapat menyebabkan seseorang menjadi malas untuk karena merasa lemas, letih, lesu, dan sebagainya.

5. Terganggunya kesehatan mental dan fisik

Tidur yang terlalu malam dapat menyebabkan otot, saraf, aliran darah, dan pembuluh darah menjadi tidak lancar karena tubuh kekurangan energi dan oksigen. Hat tersebut akan berakibat kepada terganggunya kesehatan mental dan fisik seseorang. Jika terus menerus kurang tidur, maka orang tersebut akan terlihat lesu, lemah, dan mudah tersinggung juga lho!

6. Sulit berkonsentrasi

Simpul-simpul saraf otak pada orang yang kekurangan waktu tidur akan menjadi tidak seimbang dan mengerut. Hal ini menyebabkan seseorang sulit untuk fokus atau berkonsentrasi dan cenderung banyak melamun.

7. Memicu sakit kepala

Seperti yang sudah dibahas di atas, kurang tidur membuat pembuluh darah di sekitar kepala akan menegang dan menyumbat aliran darah. Hal inilah yang akan memicu sakit kepala termasuk migraine. Apakah nyaman bekerja dengan kepala yang sakit?

8. Mengantuk pada pagi dan siang hari

Tubuh yang terbiasa diistirahatkan terlalu larut malam akan mengalami kehilangan keseimbangan dipagi hari. Selain itu, seseorang akan mudah merasa mengantuk jika tidur terlalu larut malam dan secara otomatis akan mengganggu aktivitas dan kualitas bekerja.

9. Tubuh mudah lelah

Terlalu sering tidur larut malam membuat tubuh kekurangan sel darah merah dan mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah.  Dengan begitu, secara otomatis akan memengaruhi semangat bekerja.

10. Berkurangnya intuisi dan imajinasi

Seseorang dapat kehilangan kreatifitas dan imajinasinya sulit berkembang jika terlalu sering tidur larut malam. Hal ini disebabkan menurunnya asupan oksigen ke dalam otak yang menghambat kelancaran aliran darah pada saraf-saraf otak.

Sepuluh dampak negatif dari tidur terlalu larut malam diatas harusnya bisa dijadikan bahan renungan bagi YPagers agar tidak membiasakan diri tidur larut malam. Begadang itu tak ada manfaatnya, bahkan malah merugikan diri sendiri. Biasakan diri untuk hidup sehat ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *